Komunikasi dalam Berorganisasi (resume)

Komunikasi dalam suatu organisasi merupakan hal yang sangat penting, karena tanpa adanya komunikasi sudah pasti organisasi tidak akan berjalan dengan lancar. Karena di dalam suatu kelompok sangat membutuhkan komunikasi antara anggota yang terlibat di dalam organisasi.

Bentuk komunikasi yang baik adalah komunikasi 2 arah, yang saling bertemu atau bertatapan secara langsung. Ini di karenakan lebih efektif dibandingkan hanya sekedar mengirim pesan singkat atau via telepon. Jika kita berkomunikasi secara langsung, kita bisa mengetahui, bagaimana ekspresinya, mimiknya, maupun body languagenya. Dan itu semua akan menjadi lebih cepat kita terima secara langsung.

Contoh kasus komunikasi dalam berorganisasi yaitu mengenai perubahan nama Gelora Jakabaring yang bertempat di Palembang, Sumatera Selatan yang berubah nama menjadi Gelora SBY. Disini, permasalahannya, warga di propinsi tersebut tidak menyetujui atas perubahan nama itu.
Seharusnya diadakan komunikasi yang jelas antar pihak agar tidak terjadi kesalah pahaman, dan cari solusinya bila terjadi suatu masalah dengan cara bermusyawarah antar pihak yang bersangkutan sampai masalah itu benar-benar clear.

0 komentar:



Posting Komentar