Berorganisasi Dalam Masyarakat (resume)


Manusia adalah makluk sosial yang tidak dapat hidup seorang diri tetapi cenderung untuk hidup bermasyarakat. Karena kita sebagai manusia hidup saling ketergantungan satu sama lain. Dan biasanya manusia hidup dalam berorganisasi.

Pengertian organisasi itu sendiri adalah yang terdiri dari 2 orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan dengan visi dan misi yang sama.

Ciri-ciri organisasi, yaitu:
  • Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
  • Dikembangkan untuk mencapai tujuan
  • Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
  • Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.
Organisasi tersebut dapat berupa apa saja. Dan oraganisasi2 tersebut ada yang legal maupun ilegal. Ada organisasi kecil dan ada juga yang besar. Contoh organisasi kecil yaitu OSIS, BEM, dan sebagainya. Sedangkan contoh organisasi besar yaitu FPI, NU, FBR, dll. 

Contoh masalah yang dihadapi saat ini adalah tentang FPI (Front Pembela Islam). FPI ini mempunyai visi dan misi yang bagus yaitu ingin menertibkan masyarakat yang beragama islam agar tetap dijalan yang benar. Namun akhir-akhir ini FPI seperti kehilangan kepercayaan dari masyarakat indonesia, yang dikarenakan sikap dari FPI nya yang terlihat anarkis di wilayah indonesia. Dan hal ini mengakibatkan nama islam atau agama islam menjadi buruk dan di nilai jelek oleh masyarakat.

0 komentar:



Posting Komentar