Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Terdapat tiga pendeketan utama dalam meneliti perilaku konsumen yaitu :
1. Pendekatan interpretif yaitu umtuk memahami apa makna sebuah prodik dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami oleh konsumen ketika membeli dan menggunakanya.
2. Pendekatan tradisional yaitu bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen.
3. Sains marketing yaitu untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi.
1. Pendekatan interpretif yaitu umtuk memahami apa makna sebuah prodik dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami oleh konsumen ketika membeli dan menggunakanya.
2. Pendekatan tradisional yaitu bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen.
3. Sains marketing yaitu untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi.
Beberapa proses pengambilan keputusan yang diputuskan oleh konsumen yaitu:
- Pengenalan masalah
- Pengenalan masalah
- Pencarian informasi
- Mengevaluasi alternatif
- Keputusan pembelian
- Evaluasi pasca pembelian
Faktor yang mempengaruhi proses pembuatan keputusan :
Faktor yang mempengaruhi proses pembuatan keputusan :
- Motivasi
- Persepsi
- Pembentukan sikap
- Integrasi
0 komentar:
Posting Komentar